Arbitrum (ARB): Keunggulan dan Keamanan Jaringan

 Arbitrum (ARB): Keunggulan dan Keamanan Jaringan
 Arbitrum (ARB): Keunggulan dan Keamanan Jaringan
0 Komentar

Dia juga  salah satu pendiri dan CTO Offchain Labs.

Pada tahun 2021, Offchain Labs mengumumkan bahwa mereka mengumpulkan $120 juta dalam pendanaan Seri B terbaru yang dipimpin oleh Lightspeed Venture Partners, dengan nilai $1,2 miliar.

Investor terkemuka lainnya termasuk Polychain Capital, Pantera Capital, Mark Cuban, dan banyak lagi.

Keunikan Arbitrum

Arbitrum menggunakan ‘optimistic rollup’ agar menonjol dari solusi peningkatan skalabilitas lain untuk Ethereum.

Baca Juga:Hiburan Tanpa Batas Ponsel Gaming Xiaomi di Ujung JariCara Mencerahkan Kulit Dengan Jagung Manis: Kandungan dan Manfaat

Ia mengklaim menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan solusi ‘optimistic rollup’ lain, seperti,

  • Kompatibilitas: Arbitrum mendukung kontrak dan transaksi EVM yang tidak dimodifikasi, artinya setiap DApp Ethereum yang ada bisa berjalan di Arbitrum tanpa perubahan kode apa pun.
  • Skalabilitas: Arbitrum dapat menangani ribuan transaksi per detik dengan biaya rendah dan penyelesaian cepat, sekaligus mempertahankan jaminan keamanan Ethereum.
  • Fleksibilitas: Arbitrum memungkinkan pengembang untuk menerapkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman populer seperti Rust, C++, dan lain-lain menggunakan Stylus, yaitu fitur kesetaraan EVM+ yang akan datang.
  • Desentralisasi: Arbitrum tidak bergantung pada operator atau ‘sequencer’ terpusat mana pun untuk mengurutkan transaksi.

Sebaliknya, ia menggunakan jaringan validator terdesentralisasi yang mempertaruhkan token ARB dan mengumpulkan biaya untuk mengamankan jaringan.

Arbitrum juga memiliki ekosistem DApps, dompet, alat, dan mitra yang dinamis  menjadikannya salah satu solusi  skalabilitas terkemuka untuk Ethereum.

Beberapa protokol yang tersedia di jaringan antara lain: GMX (GMX), Treasure (MAGIC), Camelot (GRAIL), Radiant Capital (RDNT), Vela Exchange (VELA), ZyberSwap (ZYB), Dopex (DPX), PlutusDAO (PLS), TridentDAO (PSI), Jones DAO (JONES) dan banyak lainnya.

Pertumbuhan ekosistem Arbitrum dapat dilihat dari indeks Total Value Locked (TVL).

Menurut DeFiLlama, TVL Arbitrum mencapai  $3,2 miliar pada November 2021 dan saat ini mencapai sekitar $1,85 miliar pada tulisan ini.

Hal ini  menjadikannya TVL tertinggi di antara semua ekosistem Layer 2 lainnya.

Baca Juga:Cara Membuat Masker Jeruk Nipis Untuk Mencerahkan WajahMengenal Pori-Pori Wajah dan Perawatannya

Peredaran Koin  Arbitrum (ARB) dan keamanan jaringan

ARB adalah token tata kelola asli Arbitrum.

Ini akan diluncurkan pada 23 Maret 2023 dan akan mendistribusikan 12,75% dari total pasokan token ARB kepada penerima dan DAO yang memenuhi syarat.

Kegunaan token ARB adalah untuk memungkinkan pengelolaan ekosistem Arbitrum yang terdesentralisasi.

0 Komentar