Bahaya ADHD Pada Anak, Inilah Gejala dan Ciri-cirinya

Bahaya ADHD Pada Anak, Inilah Gejala dan Ciri-cirinya
Bahaya ADHD Pada Anak, Inilah Gejala dan Ciri-cirinya
0 Komentar

LAPAK AKUADHD adalah singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau Gangguan Hiperaktivitas dan Defisit Perhatian dalam bahasa Indonesia.

Ini adalah gangguan neurobiologis yang memengaruhi keseimbangan kimia di otak, khususnya neurotransmitter seperti dopamin dan norepinefrin.

ADHD biasanya muncul pada masa anak-anak, tetapi dapat berlanjut hingga masa remaja dan dewasa.

Ada tiga tipe ADHD yang umum diidentifikasi:

Baca Juga:Harga Kripto Hari Ini Jumat 24 November 2023, Cek Trending Harian Disini!Samsung Lipat Galaxy Z Fold3 5G dengan Layar Infinity Flex Display

  1. Tipe Kombinasi: Mencakup gejala hiperaktivitas, impulsivitas, dan kesulitan berkonsentrasi atau memperhatikan detail.
  2. Tipe Hiperaktif-Impulsif: Lebih menonjol pada gejala hiperaktivitas dan impulsivitas, tanpa kesulitan besar dalam berkonsentrasi.
  3. Tipe Perhatian: Lebih menonjol pada kesulitan perhatian atau berkonsentrasi, tanpa hiperaktivitas atau impulsivitas yang signifikan.

Gejala ADHD dapat mencakup kesulitan berkonsentrasi, hiperaktivitas, impulsivitas, kesulitan mengatur perilaku, dan seringkali, kesulitan mempertahankan perhatian pada tugas-tugas atau aktivitas tertentu.

Sebagai gangguan mental, ADHD dapat memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari individu yang terkena, termasuk dalam bidang pendidikan, pekerjaan, dan hubungan sosial.

Meskipun ADHD bukanlah suatu penyakit fisik, dapat menimbulkan berbagai tantangan dan stres bagi individu yang mengalaminya.

ADHD dapat dielola dan dikelola dengan bantuan yang tepat. Pendekatan pengobatan sering melibatkan kombinasi terapi perilaku, pendidikan, dan dalam beberapa kasus, obat-obatan yang diresepkan oleh profesional kesehatan mental.

Orang dengan ADHD juga dapat mendapatkan dukungan dari lingkungan, termasuk dukungan dari keluarga, teman, dan masyarakat.

Segera konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mencurigakan ADHD atau jika Anda ingin memahami lebih lanjut tentang bagaimana mengelola kondisi ini.

Dengan pengobatan dan dukungan yang sesuai, banyak individu dengan ADHD dapat hidup dengan produktif dan memuaskan.

Baca Juga:Fantom (FTM) : Pendiri, Keunikan dan JaringannyaRender Token (RNDR), Blockchain Ethereum Menghubungkan Seniman dan Studio

ADHD pada anak

ADHD pada anak adalah gangguan neurobiologis yang dapat memengaruhi perkembangan dan fungsi keseharian anak.

Ini adalah gangguan umum yang biasanya terlihat pada masa anak-anak dan dapat berlanjut hingga masa remaja dan dewasa.

Berikut adalah beberapa ciri khas ADHD pada anak dan beberapa potensi bahayanya:

Ciri-ciri ADHD pada Anak

Kesulitan Berkonsentrasi: Anak dengan ADHD mungkin kesulitan mempertahankan perhatian pada satu tugas atau aktivitas dalam waktu yang lama. Mereka sering kali tampak lalai atau “tersesat” dalam pikiran mereka sendiri.

0 Komentar