Mata Uang Kripto Monero (XMR), Begini Penjelasan Lengkapnya!

Mata Uang Kripto Monero (XMR), Begini Penjelasan Lengkapnya!
Mata Uang Kripto Monero (XMR), Begini Penjelasan Lengkapnya!
0 Komentar

LAPAK AKUMonero diluncurkan pada 2014, dan tujuannya sederhana memungkinkan transaksi dilakukan secara privat dan dengan anonimitas.

Meskipun secara umum dianggap bahwa BTC dapat menyembunyikan identitas seseorang, seringkali mudah untuk melacak pembayaran kembali ke sumber aslinya karena blockchain bersifat transparan.

Di sisi lain, XMR dirancang untuk merahasiakan pengirim dan penerima melalui penggunaan kriptografi tingkat lanjut.

Baca Juga:Toyota Camry: Gabungan Elegansi dan Performa MaksimalPilihan Terbaik Mobil Toyota untuk Semua Kebutuhan Anda

Tim di balik Monero berkata privasi dan keamanan adalah prioritas terbesar mereka, dengan kemudahan penggunaan dan efisiensi berada di urutan kedua.

Ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada semua pengguna—terlepas dari seberapa kompeten mereka dengan teknologi.

Secara keseluruhan, XMR bertujuan untuk memungkinkan pembayaran dilakukan dengan cepat dan murah tanpa takut akan sensor.

Tujuh pengembang pada awalnya terlibat dalam pembuatan Monero lima di antaranya memutuskan untuk tetap anonim.

Telah ada rumor bahwa XMR juga diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, si pencipta Bitcoin.

Mereka mengusulkan “perubahan kontroversial” pada Bytecoin yang tidak disetujui oleh anggota komunitas lainnya dan memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri.

Ratusan pengembang dikatakan telah berkontribusi pada XMR selama bertahun-tahun.

Ada beberapa hal yang membuat Monero unik. Salah satu tujuan utama proyek ini adalah untuk mencapai tingkat desentralisasi setinggi mungkin, yang berarti  pengguna tidak perlu mempercayai orang lain di jaringan.

Baca Juga:Mengenal Stellar (XLM) Peningkatan Inklusi Keuangan dengan Menjangkau MasyarakatRahasia Keandalan Mobil Toyota Land Cruiser yang Tak Terbantahkan

Privasi dicapai melalui beberapa fitur khusus. Meskipun setiap Bitcoin yang beredar memiliki nomor serinya sendiri, yang berarti penggunaan mata uang kripto dapat dilacak, XMR sepenuhnya dapat ditukar.

Secara default, rincian tentang pengirim, penerima, dan jumlah mata uang kripto yang ditransfer tetap bersifat pribadi – dan pendukung Monero mengatakan hal ini memberikan keunggulan dibandingkan kompetisi koin privasi  seperti Zcash, yang “transparan secara selektif”.

Kerahasiaan dijamin melalui penggunaan “Tanda Tangan Cincin”. Di sini, hasil transaksi masa lalu diambil dari blockchain dan bertindak sebagai umpan, artinya pengamat luar tidak dapat mengetahui siapa yang menandatanganinya.

Jika Ian mengirimkan 200 XMR ke Susan, jumlah ini juga dapat dibagi menjadi beberapa bagian acak untuk menambah kesulitan.

Untuk memastikan  transaksi tidak dapat dihubungkan bersama, alamat dummy dibuat untuk setiap transaksi yang hanya digunakan satu kali.

0 Komentar